PAWAI KEBANGSAAN GO NYAWIJI HUT RI KE 77 SMPN 2 GIRITONTRO ’’USUNG BATIK KARNIVAL DAN TARI SEKAR RINONCE” PENONTON BERJUBEL BEREBUT FOTO

Pawai-Kebangsaan-Go-Nyawiji-kontingen-SMP-Negeri-2-Giritontro

Bulan agustus merupakan bulan spesial bagi seluruh rakyat Indonesia,karena dibulan ini merupakan bulan kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia yang tepatnya tanggal 17 agustus 1945. Kemeriahan dibulan ini menjadikan motivasi tersendiri bagi seluruh warga negara indonesia,terbukti kemeriahan tidak hanya saat pelaksanaan upacara bendera,tapi beragam lomba-lomba maupun pawai yang digelar oleh seluruh lapisan masyarakat maupun instansi.Kegiatan dibulan agusutus inipun bisa jadi merupakan acara fovorit dan paling ditunggu-tunggu oleh seluruh warga masyarakat Indonesia, karena semaraknya mampu memotivasi dan menyatukan berbagai element dalam masyarakat.

Reporter saat meminta keterangan langsung pada Camat Giritontro Edy Sumindro

Selama dua tahun karena pandemi covid 19 kecamatan Giritontro kabupaten Wonogiri tidak menggelar kegiatan yang sifatnya berkerumun tak terkecuali pawai kemerdekaan. Tapi untuk tahun ini kecamatan Giritontro kabupaten wonogiri kembali menggelar pawai budaya dan pembangunan [pawai kebangsaan] dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia HUT RI Ke 77 dengan tema “PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT” Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri. Hal ini disampaikan langsung oleh camat Giritontro Edi Sumindro,S.Sos saat team reportase SMP Negeri 2 Giritontro menemui di kantor kecamatan senin 15/8/2022. Saat ditanya tetang persiapan kegiatan Edy [Sapaan akrabnya] menyampaikan bahwa” pihak kecamatan melakukan persiapan mulai pada akhir bulan Juni untuk mengatur penyelenggaraan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia dan menghimbau masyarakat untuk melakukan kegiatan yang bersangkutan dengan tertib dan aman.Dengan tema “PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT” ini mari wujudkan Indonesia menjadi negara yang kuat, tumbuh dan berkembang cepat, memperkuat ketahanan nasional untuk menghadapi tantangan global.Saat ditanya tentang harapan bagi generasi muda,camat giritontro yang berdomisli di wuryantoro ini dengan tegas menyatakan” anak-anak muda jangan tergila-gila dengan gedget dan medsos hingga berlebihan,dan jangan menyalahgunakan medsos. Gunakan medsos dengan kegiatan positif tingkatkan belajar dan selalu berdoa kepada yang Maha Kuasa,”harapnya.

Kegiatan pawai menyemarakkan hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 77 tahun 2022 yang diadakan oleh pihak panitia kecamatan Giritontro dengan tema Go Nyawiji, pawai kebangsaan digelar pada hari kamis[18/8/2022] pukul 07.30 sampai selesai yang berlangsung sangat meriah dan tertib. Nampak ribuan masyarakat Giritontro dan sekitarnya bertumpah ruah disepanjang jalan yang dilalui peserta pawai.

Untuk rute pawai karnaval tahun ini mengambil strat dari Jalur Lintas Selalatn tepatnya di depan pintu gerbang sekolah SMK N 1 [Kelautan] Giritontro. Setelah di lepas para peserta pawai berjalan ke arah timur dan melewati pertigaan belok ke kiri, kurang kebih 3 km peserta pawai berjalan ke arah utara untuk menuju finish sekaligus panggung utama yang berada disebelah kecamatan.

Semarak pawai kebangsaan kontingen SMP Negeri 2 Giritontro

Dalam pawai ini,nampak kontingen dari SMPN 2 Giritontro berada di urutan paling depan. Kurang lebih 500 siswa dilibatkan dalam pawai ini.Hal ini diketahui saat reproter meminta keterangan kepada Sukatmo.S.Pd.M.Pd selaku ketua pawai. Beliau menuturkan bahwa sekolah melibatkan seluruh siswa dalam pawai dan persiapan ini telah dilakukan oleh seluruh keluarga besar SMP N 2 Giritontro.Menurutnya;” yang penting kita ikhtiar untuk memberi hiburan kepada masyarakat dan menanamkan jiwa nasionalisme pada siswa.”ungkapnya. Nampak terlihat urutan paling depan Batik Carnival kemudian diikuti pengibar bendera merah putih,kelompok pendidikan,profesi,kegamaan, Bhineka Tunggal Ika,pertanian,olah raga,kebudayaan,perjuangan,tari rinonce dan terahir wayang geber.

Kostum batik Carnival kontingen SMP Negeri 2 Giritontro
Rombongan Penari Sekar Rinonce SMP Negeri 2 Giritontro

Adapun pemandangan yang tak biasa terjadi sebelumnya yaitu ketika tiga peserta pawai yang memakai kostum Batik Carnival [yang diperaagakan oleh siswa kelas IX] mampu menyedot perhatian penonton sejak awal pemberangkatan sampai akhir panggung kehormatan. Terlihat setiap beberapa langkah berjalan sealalu ada ibu-ibu, anak-anak,dewasa, yang berlari menyelinap ke tengah lintasan untuk mengajak foto bersama. Nampak pemakai kostumpun dengan sabar dan senyum ramahnya melayani dengan senang hati.Tak kalah menyedot perhatian adalah kelompok tari Sekar Rinonce yang di komandani oleh Jaka Santosa salah satu guru bahasa Indonesia. Tari yang melibatkan sekitar 190 siswa ini mampu memukau penonton khususnya saat tampil di panggung utama yang disaksikan oleh camat setempat maupun Forkompica yang duduk di panggung kehormatan. Saat tampil tak henti-hentinya tepuk tangan dan aplous dari para penonton maupun tamu undangan. Salah satu penonton Wuri warga giritontro saat ditanya komentar tentang peserta pawai dari SMP N 2 Giritontro menyatakan :”luar biasa baru kali ini saya melihat langsung dan bisa berfoto dengan peserta pawai kostum batik carnival. terimakasih SMP N 2 Giritontro sudah menghibur.Pokoknya Hebat,maju terus semoga sukses kedepannya.”Ungkapnya. Sementara itu kepala sekolah SMP N 2 Giritontro Parman,S,Pd.M.Pd saat dimintai tanggapan tentang tampilan pawai yang memukau penonton menyatakan :”Pertama mengucapkan terimakasih kepada teman-teman keluarga besar SMPN 2 Giritontro maupun pendukung yang sudah berjuang tanpa lelah menampilkan pawai ini sehingga bisa menghibur seluruh warga Giritontro dan sekitarnya.Untuk seluruh masyarakat yang terhibur kami ucapkan banyak terima kasih dan mohon doanya semoga kedepan sekolah kami menjadi lebih maju lagi.”harapnya. [Reporter;Anatasya putri Siswanti/Hanifa.F].***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *